Jakarta Cosplay Parade Bangkitnya Karakter Nusantara


Jakarta, 2 November 2014 – Pada hari Minggu (2/11) lalu, ada yang berbeda di area Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Siang itu, tampak banyak orang yang mengenakan kostum layaknya karakter dari anime, manga, ataupun video game. Dan yang lebih menarik, pada hari itu terlihat bagaimana tokoh-tokoh dari Sword Art Online bercengkrama dengan para Jedi, Superman dengan Spiderman, juga Gatot Kaca dengan Kamen Rider. Ajang ‘reuni’ para tokoh ini dimeriahkan dengan digelarnya parade melalui jalan di sekeliling tugu Monas dengan disaksikan oleh penonton yang ramai. Inilah salah satu rangkaian acara dari event Jakarta Cosplay Parade yang mengambil tema “Rising of Indonesia Legend”.

IMG_6508 IMG_6581

Ajang Jakarta Cosplay Parade (JCP) yang pertama ini menampilkan sekitar 1500 cosplayer dari 23 komunitas ataupun individu dari Jakarta dan sekitarnya. Beberapa komunitas yang meramaikan acara ini antara lain Komutoku, AAC, Skoater, Superman Fans of Indonesia (SFoL), Indo Harry Potter, Cosplay Softer, Order 66, Jakarta Saber, Eorlingas, Itasha In donesia, Skoater Academy, Tintin ID, dan Stalker.id. Acara ini turut dimeriahkan oleh guest star dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Myanmar, Korea Selatan, dan Belanda. Sesuai dengan temanya, ajang JCP ini diharapkan dapat meningkatkan semangat industri kreativitas yang sedang bergairah di Indonesia saat ini dan mempromosikan tokoh-tokoh cerita Indonesia supaya lebih dikenal di dunia cosplay.

IMG_6913 311

Harapan dan optimisme ditunjukkan oleh para tokoh yang terlibat dalam ajang ini. Seperti yang diungkapkan oleh PLT Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, “Kegiatan ini digelar untuk mengapresiasi generasi muda terhadap budaya populer sebagai potensi pengembangan atraksi event skala besar untuk menjadi daya tarik pariwisata Kota Jakarta,”. Hal senada diungkapkan Marcellino Lefrandt, aktor dan pencipta karakter Volt, ”Karakter dari komik, musik, video game, semakin banyak. Sumber daya manusianya pun siap. Ini semakin melengkapi dunia hiburan kita dan menjadikannya lebih berbudaya”. Volt sendiri adalah karakter superhero lokal berkekuatan listrik. Komiknya telah diterbitkan oleh Skylar Comics sejak 2012.

385 393 386

Antusiasme juga ditunjukkan oleh Kenneth, perwakilan dari Flex, tim cosplayer tamu dari Singapura. Dalam press conference, ia mengungkapkan bahwa timnya sangat senang bisa diundang dan meramaikan ajang JCP. Lanjutnya lagi, menurut mereka banyak cosplayer Indonesia yang keren dan berpotensi. Selain itu, cosplayer Indonesia juga ramah dan mudah diajak berkumpul.

IMG_7428 IMG_7132

Acara JCP ini berlangsung sejak pukul 15:00 hingga pukul 21:00. Namun demikian, para cosplayer dan peserta lomba fotografi sudah terlihat mulai berkumpul sejak pukul 10:00. Paradenya sendiri dimulai pada pukul 16:00 – 19:30 dengan diselingi break sholat maghrib pada pukul 18:00 – 18:30.

Pada saat parade dimulai, para penonton sudah memenuhi tribun yang disediakan panitia secara gratis. Sesuai dengan temanya, Para cosplayer yang memerankan tokoh dari karakter anime, manga, game, tokusastu, Western, Eastern, dan Indonesian heroes keluar secara berurutan dari pintu gerbang . Dengan dibatasi oleh barikade, mereka berjalan beriringan sambil menyapa dan berinteraksi dengan penonton. Khusus untuk cosplayer kategori Indonesia, sebelum memulai parade, mereka melakukan performa di panggung main gate yang akan dinilai oleh para juri. Untuk peserta kategori Eastern dan Western, penilaian dilakukan di pos yang berada tepat di tengah jalur parade. Diujung jalur parade, terdapat main stage tempat dilakukannya performa beberapa komunitas cosplayer.

115 113 319 329

Atraksi ini ditutup dengan parade itasha dan performa dari guest cosplayer diatas main stage. Diujung acara, hadir komunitas Star Wars yang mengawal Bapak Harya Suraminata, pencipta tokoh pahlawan super lokal Gundala Putra Petir, menaiki X-Wing dan menuju panggung untuk mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement dari panitia. Acara kemudian ditutup dengan pengumuman pemenang cosplay dan penyerahan hadiah.

IMG_7439 IMG_7328 420 438

Walaupun cukup disayangkan bahwa Bapak Basuki Tjahaja Purnama berhalangan untuk hadir, tak dapat dipungkiri bahwa dukungan banyak tokoh dan partisipasi dari komunitas pecinta budaya pop di ajang JCP ini kembali menyadarkan bahwasanya Indonesia memiliki potensi besar untuk memajukan industri kreatifitas berkelas dunia. Ajang JCP ini pun diharapkan untuk bisa terus diadakan sebagai bagian dari atraksi dan daya tarik pariwisata kota Jakarta.

 

Sumber: Cosplay Jakarta Entertainment, antaranews.com, kompas.com

Photo by Figaro, Whitey, Kevin

+ There are no comments

Add yours