Indonesia Menang, Nobar World Cosplay Summit pun Hacep di Road to KAORI Expo


rtkx-nobar-wcs16-kaori-nusantara-rtkx-01

Hacep! Demikian ekspresi untuk menggambarkan meriahnya nonton bareng perwakilan Indonesia di ajang World Cosplay Summit (WCS) 2016. Segera setelah nama Indonesia diumumkan sebagai juara pertama WCS 2016, seisi ruangan nobar di Road to KAORI Expo, Plaza Blok M Jakarta pun berteriak.

Lagu Indonesia Raya yang normalnya hanya terdengar saat hari Senin dan acara-acara kenegaraan spontan dinyanyikan oleh seluruh pengunjung ruangan. Menangnya Indonesia sebagai juara pertama pun semakin dimeriahkan setelah tim Indonesia menjadi tim pilihan pemirsa situs livestreaming Nico Nico Video selama dua hari berturut-turut dengan jumlah apresiasi lebih dari 90 persen.

Pada tahun 2016, penyelenggaraan nonton bareng WCS di area Jabodetabek dilaksanakan dalam acara Road to KAORI Expo di Plaza Blok M, Jakarta Selatan. Nonton bareng WCS ini didukung oleh Clas:h dan dimeriahkan oleh sejumlah guest cosplayer termasuk Yukitora Keiji, Rising Sun, Sora Hua, Skoater, serta dimeriahkan dengan kompetisi cosplay individu dan kelompok. Pada acara nobar kali ini, terhitung sekitar 200-an orang pengunjung Road to KAORI Expo memeriahkan acara puncak pada hari Minggu sore.

Rian Cahyadi (23) dengan nama panggung Rian Cyd dan Marchella (25) dengan nama panggung Frea Mai, dua warga Jakarta yang menjadi perwakilan Indonesia untuk World Cosplay Summit (WCS) 2016 ini mampu menampilkan pertunjukan panggung yang luar biasa. Selain itu mereka juga meraih Alumni Award, sebuah penghargaan yang diberikan oleh para alumni dan organizer WCS dari kepada peserta yang dianggap sebagai peserta terbaik.

Membawakan serial Trinity Blood dengan nama tim CRUSNIK, Rian dan Frea menampilkan efek tubuh terbelah dengan mengejutkan. Dengan efek visual seperti itu, Indonesia pun berhasil menarik simpati penonton Nico-Nico Live sehingga mereka mendapatkan Nico-Nico Award sebagai salah satu penghargaan yang mereka dapatkan.

Bertempat di kota Nagoya, Perfektur Aichi, Jepang, World Cosplay Summit merupakan ajang tahunan berskala internasional dengan mengusung budaya cosplay (costume play) sebagai muatan utamanya. Acara utama dalam ajang tersebut adalah Parade, Kunjungan Resmi dan Kompetisi. Ajang World Cosplay Summit pula mendapat dukungan penuh dari pemerintah kota Nagoya dan Departemen Pariwisata Jepang.

rtkx-nobar-wcs16-kaori-nusantara-rtkx-03
Selain dalam ajang World Cosplay Summit 2016, Indonesia juga mengirimkan perwakilannya yaitu Esteracia (29) dengan nama panggung Ester Sei, dalam ajang World Karaoke Grandprix 2016 yang juga diselenggarakan di kota Nagoya. Dengan membawakan lagu Ambiguous yang dinyanyikan duo Garnidelia dari serial Kill La Kill yang temponya cukup kencang diperkuat oleh kostum karakter Kiryuuin Satsuki yang tokohnya memang tegas dan enerjik, Ester berhasil meraih penghargaan Jury’s Special Award karena penampilannya tersebut sangat memukau juri.

Dengan demikian Indonesia berhasil meraih beberapa penghargaan yang diterima di ajang tahunan kota Nagoya tersebut. Penghargaan tersebut adalah World Cosplay Summit Champion 2016, Nico-Nico Live Award, Alumni Award, ANA Award, dan Foreign Ministry Award untuk ajang World Cosplay Summit, kemudian Jury’s Special Award untuk kompetisi World Karaoke Grand Prix 2016. Sungguh membanggakan dan tahun ini luar biasa di mana beberapa pekan lalu Indonesia juga berhasil menjuarai kompetisi dunia di bidang sepakbola.

Simak video di bawah ini untuk menikmati meriahnya suasana nobar WCS di Road to KAORI Expo.

+ There are no comments

Add yours